Pusing! Pusing! Pusing!

WordPress 2 BlogSpot

Suatu ketika, saya pernah berdiskusi dengan seorang teman. Tepatnya junior di kampus. Hal yang kami diskusikan topiknya seputar efektifitas sebuah blog untuk memperoleh passive income kepada sang empunya blog. Diskusi kami cukup panjang, sampai akhirnya diskusi itu tetap kami lanjutkan melalui chating di FB jika kami online secara bersamaan.

Jujur saja, meskipun saya sudah begitu lama membuat blog ini, tapi junior itu lebih banyak mengetahui tentang topik yang didiskusikan. Saya pun tak segan untuk bertanya. Dan untungnya, dia juga tak pernah keberatan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. Sampai suatu ketika, dia memberikan saya berlembar-lembar artikel yang cukup menarik. Katanya artikel-artikel itu mungkin bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang nantinya akan muncul sejalan dengan semakin dalamnya saya bergelut dengan topik di atas. Katanya, artikel itu ia peroleh dari hasil kursusnya beberapa minggu dengan para ahli ‘blogger’ yang ada di Kota Anging Mammiri ini. 

Ia kini sudah jarang terlihat di dunia maya. Pasalnya ia sekarang bekerja sebagai pegawai di instansi Bulog. Kabar terakhir dari teman lain, katanya ia ditempatkan di Kendari. Dan disana ia sulit sekali untuk bisa bebas mengakses internet. Bukan karena larangan, tapi karena akses internet itu sendiri yang cukup sulit di tempatnya sekarang. Meskipun diskusi itu menurut saya sampai hari ini belum selesai, tapi saran terakhir yang pernah ia berikan untuk beralih dari wordpress ke blogspot sebenarnya sudah cukup menjadi kesimpulan diskusi itu. Artinya, saya harus mulai ‘learning by doing’. ‘Talk Less, Do More’. Begitu kira-kira.

Setelah lama menimbang-nimbang; membaca-baca artikel; berkunjung ke beberapa blog; dan lain lagi sebagainya, saya akhirnya memutuskan untuk  membuat blog baru di blogspot. Dan tepat tanggal 11 November 2011, blog itu saya resmikan sendiri. Bahagia bukan buatan rasanya. Seperti ada semangat baru untuk kembali berkecimpung di dunia maya. Beberapa minggu seperti itu. Tetap berlangsung seperti itu. Dan akhirnya…

Layaknya seorang penulis, ada suatu masa di mana kejenuhan untuk menulis itu tiba. Dan ketika masa itu tiba, hampir tak ada yang bisa dilakukan kecuali menikmati kejenuhan itu. Namun parahnya, jika kejenuhan itu berlangsung terlalu lama, maka untuk memulai menulis sepertinya akan sangat sulit sekali. Seperti itu pula yang sekarang saya alami.

Terkadang saya cuma melihat-lihat sebentar kedua blog yang sedikit berbau ke’Makassar’an itu. Tak ada niat untuk meng ‘update’ isinya. Dan terus seperti itu hingga suatu malam saya membaca salah satu artikel yang di dalamnya menyatakan bahwa ada baiknya jika kita hanya fokus di satu hal pada satu waktu. Hal itu lebih efektif dan tentunya lebih efisien daripada fokus banyak hal pada waktu yang bersamaan. ‘Silahkan buktikan sendiri!’. Tantang artikel itu. Dan tantangan itu ‘inspire me’.

Sejak kejadian ‘inspire me’ itu, saya mulai bertanya-tanya. Bukankah mengelola dua blog itu sama dengan fokus ke banyak hal? Dan kalau benar seperti itu, blog mana yang seharusnya saya pertahankan? Apakah si wordpress yang sudah matang karena usianya? Ataukah si blogspot yang masih seumur jagung namun probabilitas janji passive income-nya di atas 70%?

Saya pusing. Dan karena pusing itu pula, tulisan ini sampai di sini dulu. Saya ingin kembali menimbang-nimbang😀

3 Balasan ke Pusing! Pusing! Pusing!

  1. Aan mengatakan:

    Cika… manami Mp3 na album bugisnya Ridwan sau….???

  2. Ardy al-Rawali mengatakan:

    eh, adakah? perasaan tidak ada. Ato mungkin belum peka liatki😀

  3. Wahyu mengatakan:

    kalau menurut saya, mending pilih blogspot drpd wordpress, krn blogspot loading nya lebih ringan drpd wordpress. selain itu, blogspot menyediakan widget script HTML yg dpt digunakan utk memasang iklan, kalau wordpress itu tidak ada.🙂
    Blogspot juga mudah di redirect ke domain dot com, sperti blog punya saya ini http://www.rinigames.com/🙂

Tinggalkan Balasan

