Instal XP SP3 di Acer 4520

Beberapa hari yang lalu (kurang lebih 2 harilah, lebih tepatnya kemarin dulu), ada teman yang minta tolong di instalkan laptopnya. Katanya malam sebelumnya, laptopnya habis di pinjam sama teman yang lain, en dak tau kenapa pas tiba di rumah windowsnya rusak. Tidak bisa masuk windows tepatnya. Ada file di system32 yang rusak dan perlu di repair. En daripada pusing-pusing, langsung saja saya instal ulang…Instal ulang 1 (Ini karena saya 2 kali menginstal windows pada laptop yang sama), semuanya berjalan lancar. Tidak ada sesuatu kejadian aneh pun terjadi, seperti kalau saya menginstal windows di laptop lain. Windows yang saya gunakan adalah Windows XP SP3 hasil donlotan dari Indowebster. Selesai instal windows, kemudian drivernya dan tiba-tiba terjadilah masalah itu…

Setelah menginstal driver audio, di device manager malah menunjukkan tanda seru berwarna kuning. Saya heran dan bertanya-tanya, apakah saya yang salah instal. Ternyata tidak! Akhirnya, saya ulang berkali-kali, tapi tetap saja begitu.

Lama berpikir, akhirnya saya teringat tentang laptop acer 4720 yang pernah saya instal sebelumnya. Kejadiannya hampir sama. Sama-sama tidak mampu mendeteksi driver sound-nya. Akhirnya setelah membaca ulang tips instal ulang laptop acer 4720 tersebut, saya memberanikan diri untuk instal ulang kedua…

Instal ulang kedua, saya menerapkan tips dari instal windows XP di laptop acer 4720. Dan segera, terjadilah apa yang saya inginkan. Driver soundnya terbaca!!! Eureka! Eureka! Eureka! Ternyata masalahnya sama, dan solusinya pun sama. Akhirnya wajah teman saya kembali ceria melihat keberhasilan itu…

Solusi:

Ternyata untuk kedua jenis laptop ini, yaitu Acer 4520 dan 4720, jika ingin di pasangkan windows XP baik itu SP2 maupun SP3, perlu memperhatikan satu hal mendasar. Hal itu adalah jika telah selesai menginstal Windows, maka selanjutnya driver yang pertama harus di instal adalah driver sound-nya. Ingat! Harus yang pertama kali di instal! Tidak boleh sesudah chipset atau VGA. Pokoknya yang pertama. Titik! Dan barulah laptopnya berjalan sesuai dengan yang diinginkan…

Selamat mencoba…

12 Balasan ke Instal XP SP3 di Acer 4520

  1. shofawaty mengatakan:

    Terima kasih solusinya..🙂 selama ini saya selalu install ulang sndiri,tp selalu brmasalah dgn driver..

  2. Ardhie Al Rawali mengatakan:

    Ups, terima kasih kembali…
    Sekali lagi,… kalau anda terbantu,
    maka saya pun senang…

  3. novri mengatakan:

    Ya, trimakasih atas informasinya. Tapi masalah yang saya hadapi adalah bukan di device managernya tapi lebih tepatnya diPort PDI-nya. Katanya UNKNOWN !!!

    Nah, gimana solusinya ???
    Tolong ya mas,,,

  4. Ardhie Al Rawali mengatakan:

    Wah… masalah baru nih…
    Baru tau juga nih…
    Nanti saya coba cari tau…

  5. kebomicek mengatakan:

    ah nggak juga tuh mas…
    wong saya punya 4520 instalnya lancar2 aja…
    mo saya instal driver yang mana nggak masalah…
    cuma kalo mode harddisknya di AHCI nggak bisa kedetek…
    harus ke mode IDE dulu ato patch driver pake nLite…
    sound sejauh ini no problem…
    tapi saya penasaran kenapa SP3 nggak bisa ndetek SATA…
    laptop situ yang mungkin sedikit bermasalah soundnya…

    best regards
    kebomicek

  6. kebomicek mengatakan:

    oya…kalo pake vista bisa langsung AHCI (SATA aseli)…

  7. Ardhie Al Rawali mengatakan:

    Mungkin juga yah yang ente bilang…
    Hm, hm, hm…

  8. Jffzone mengatakan:

    Bro,saya juga punya 4520,sering kenak bsod ni,ram wa 4gb
    karena sring2 bsod
    saya hari ini pun coba2 menginstall beberapa driver ja,
    yang tidak kuinstall,antara lain:
    -cir
    -touchpad
    -launcher

    yang diatas tak kuinstall,tapi di device manager tak ada tanda seru sama sekali,
    saya pengen coba coba pulang kepada waktu saya beli dulu,waktu main game aja kemungkinan bsod,
    waktu pertama kali dipakai,ditaskbar ga ada lambang touchpad
    dan lain lain

  9. fery mengatakan:

    kalao ram 4gb mending pake xp 64bit saja agar optimal RAM nya/ win7 .

  10. xsan mengatakan:

    mas, driver2 pa z yg hrus diinstal stlh meinstal xp3 dilaptop acer 4720Z

  11. Ardy al-Rawali mengatakan:

    @mas xsan: yg penting tuh audio, video, lan, wireless, bluetooth (kalo ada), card reader, modem,,, tp mohon dibaca yah mas tuh tulisan di atas sebelum instalasi drivernya. Takutnya mas juga mengalami hal yang sama. Jadinya bisa repot nantinya mas😀

  12. ediyo mengatakan:

    bisa aja koq walaupun sound driver terakhir di install,tapi harus di install MUAA terlebih dahulu agar driver sound nya bisa terbaca.

Tinggalkan Balasan

