Ingin Jadi Penulis…

Kalau ada yang bertanya tentang masa depan seperti apa yang ingin aku raih atau cita-cita apa yang sering aku bayangkan? Maka jawaban yang paling cepat dan ringkas aku berikan adalah “ingin jadi penulis”… Penulis adalah cita-cita yang telah tertanam begitu dalam di benakku. Begitu dalamnya, hingga terkadang muncul dalam mimpi malamku dan sering mengingatkanku ketika aku berjalan terlalu jauh dari rel cita-citaku… Namun, tidak bisa aku pungkiri jika selalu saja ada hambatan, rintangan bahkan alasan yang sengaja diada-adakan untuk mencapai cita-cita itu. Terkadang aku bingung sendiri mencari jawaban mengenai jenis tulisan yang ingin aku buat; model penulisan yang bagaimana yang akan aku pakai; dan untuk siapa tulisanku aku buat; serta beragam alasan & pertanyaan lain. Semakin aku bertekad meraih cita-citaku, semakin besar dan banyak pula pertanyaan yang tidak mampu aku jawab. 

Aku tidak tinggal diam melihat munculnya masalah dalam pencapaian cita-citaku. Aku cari caranya melalui buku; aku gali jawabannya melalui internet; aku ceritakan masalahku pada orang lain. Hampir semua masalahku telah aku carikan caranya, dan hampir semua pula telah aku temukan jawabannya. Namun semuanya terkesan sia-sia, karena satu hal yang menjadi masalah utama bagiku adalah karena aku kurang memiliki semangat.

Semangat itulah yang jarang aku miliki. Ia seperti ombak, kadang naik dan terlebih sering turun. Aku sendiri tahu dan menyadari sesadar-sadarnya bahwa untuk mencapai apa yang aku cita-citakan, maka aku harus memiliki semangat yang besar. Namun kesadaranku hanya sebatas kesadaran. Dan karena aku adalah manusia, maka aku juga sering tidak sadar terhadap kesadaranku. Akh!!! Sungguh membingungkan…

Dan beginilah aku menjalani hidup sekarang ini. Begitu kuat keinginan dari dalam hati untuk menjadi seorang penulis. Namun begitu lemah usaha untuk mencapainya. Padahal segala sesuatunya akan dapat manusia raih jika ia bersungguh-sungguh dalam usahanya…

Tinggalkan Balasan

