Lagu Makassar Semakin Bertaji

Pertama kali mendengarnya, penulis merasakan sesuatu yang begitu berbeda. Perasaan itu muncul karena penulis mendengarkan lagu daerah Makassar yang dinyanyikan oleh Ridwan Sau. Lagu itu begitu berbeda bukan karena bahasanya yang memang membedakan dengan lagu band anak muda sekarang, melainkan karena lagu itu membangkitkan kembali kebanggaan menjadi salah satu anak Makassar, Kota Daeng sekaligus Kota Anging Mamiri.

Sejak kecil hingga hari ini dalam pikiran penulis tertanam suatu doktrin bahwa Makassar adalah tempat kelahiran orang-orang pemberani dan teguh dalam pendiriannya. Mereka tak akan sudi kembali ke dermaga ketika layar telah terkembang. Mereka berani menantang maut demi satu keyakinan bahwa ketakutan itu dapat ditaklukkan.

Selain itu, sikap lain yang sama sekali hampir bertolak belakang dengan yang tampak dari wajah-wajah mereka adalah sifat romantis. Hal ini dapat diketahui dari lagu-lagunya yang banyak mengisahkan keadaan hatinya. “Muka sangar, hati telenovela”, mungkin ungkapan seperti itu sangat cocok menggambarkan hal ini.

Ridwan Sau dalam lagunya begitu menyentuh hati sebagian besar warga daerah yang memiliki bahasa Makassar ini. Dengan memakai perumpamaan-perumpamaan yang begitu halus, ia mencoba menyadarkan kita bahwa bahasa Makassar juga kaya akan bahasa sastra. Kalimat-kalimat sindiran yang ia dendangkan seakan-akan membius kita untuk menertawai diri sendiri tanpa merasa tersinggung. Dan dengan improvisasi lagunya, ia coba memberitahu kita bahwa lagu Makassar juga dapat berkembang selaras dengan zamannya.

Jujur saja penulis katakan bahwa di kalangan teman-teman seangkatan penulis, di antara mereka banyak yang ternyata menaruh hati terhadap lagu ini. Dalam artian mereka senang mendengarkannya. Bahkan ada juga teman yang berasal dari suku Bugis, namun sangat menghapal salah satu lagu dalam album Ridwan Sau itu dibanding penulis sendiri. Ketika ditanyakan mengapa ia begitu tertarik mendengarkan lagu itu, ia secara spontan berkata: “Karena lagunya enak didengar, meskipun kadang ada kata-katanya yang tidak dimengerti”.

Memang benar apa yang dikatakan teman tadi. Karena penulis juga merasakan hal yang seperti itu. Terlena dalam lagunya meskipun ada hal-hal yang tidak dimengerti. Bukan karena bahasanya sulit akan tetapi karena bahasa seperti itu baru pertama kali penulis dengar dan menyadarkan penulis bahwa ada begitu banyak kosakata dalam bahasa Makassar yang mempunyai makna halus di samping yang sering diucapkan dalam keseharian.

Meskipun begitu, hal di atas sama sekali tidak mengurangi esensi lagu Makassar. Bahkan dengan dirilisnya album itu, lagu Makassar yang terkadang hanya didendangkan di radio Gamasi atau dinyanyikan saat acara pernikahan, menjadi semakin luas daerah jangkauannya. Tidak lagi hanya terbatas pada tukang becak yang banyak mangkir di pinggir jalan, melainkan telah sampai pada anak muda yang berpakaian layaknya personil band Ungu bahkan yang bergaya layaknya kaum Skinhead.

Ayam jantan itu kini semakin bertaji. Ia tidak lagi hanya terkenal sebagai petarung hebat di mata lawan-lawannya, tapi semakin elok dengan sosoknya yang menawan.

Battumi anjo anging kullea ngerang nakku. Na pa’battui nakkutta ri kelong Mangkasaraka.

3 Balasan ke Lagu Makassar Semakin Bertaji

  1. ema mengatakan:

    Lagu daerah terutama lagu makassar memang semakin bertaji, hanya anak-anak muda sekarang lebih senang mendengar lagu-lagu pop dan lagu barat. Coba dengar lagu Ridwan Sau yang lain atau lagu Iwan Tompo, yakin deh bikin jatuh hati.

  2. Ardhie Al Rawali mengatakan:

    Kita tidak boleh pesimistis melihat lagu makassar dari kacamata anak-anak muda yang lebih senang mendengar lagu pop & barat. Biarkan saja mereka mendengarkan apa yang ingin mereka dengarkan dan biarkan pula diri kita memperdengarkan apa yang seharusnya kita perdengarkan. Bersama kita membangun kembali wajah Makassar. Kita eksiskan kembali lagu daerahnya. Dan kita angkat kembali namanya di jajaran beragam Suku di Indonesia. Gimana…???

  3. Ancha mengatakan:

    Bgi aq lgu2 daerah skrg ini smakin berkembang dri sblemx & it pasti tdk lps dari hasil kerja keras dan kerja sama antara vokalis, pencipta & produsernx.nuansa musik dan arasemenx mkn menyatu shingga iramanya terbentuk menjadi musik pop yg lebih populer.maju trus lagu2 daerah makassar,semoga bhasa makassar menjadi terkenal yg dituangkan dalam cangkir musik dan dikipas keseluruh daerah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: