Ingin Jadi Penulis…

Kalau ada yang bertanya padaku, ingin jadi apa aku nantinya? Maka dengan singkat aku menjawabnya: “Penulis”. Yach, penulis! Itu adalah cita-citaku beberapa tahun terakhir ini. Dan kalau ada juga yang bertanya, tulisan apa yang telah aku buat? Maka dengan singkat dan merasa terpukul, aku akan berkata: “Belum ada…”

Mengenai karya yang ingin aku hasilkan sebenarnya dapat digolongkan dalam kategori novel. Novel yang inspiratif lebih tepatnya. Tapi aku seperti penulis pemula yang lain. Belum menulis sudah mengalami penyakit yang gara-garanya seakan membekukan jari-jari. Nama penyakit itu tidak lain adalah “minder”.

Sudah sering saya membaca di internet tentang kiat untuk menulis; telah ada buku yang aku beli untuk aku baca hanya untuk membangkitkan keinginanku menulis. Tapi semua itu seperti kayu bakar. Hanya membara ketika pertama kali dibakar, namun setelahnya perlahan redup dan lama kelamaan menjadi abu yang akan tertiup angin entah kemana.

Dalam hal mimpi -maksudnya gambaran yang ada dalam kepalaku ketika membayangkan mencapai cita-cita- aku juga seperti penulis pemula lainnya. Menulis sesuatu, baik itu novel, opini, dan karya sastra lainnya, lalu setelah selesai ditulis langsung diterbitkan. Sama sekali tidak realistis. Padahal aku sadar bahwa di dunia ini sangat sulit seorang manusia untuk bisa sukses secara instant. Bahkan oleh beberapa orang dikatakan bahwa tidak ada kesuksesan yang diraih secara instant. Semuanya perlu tahap; ada begitu banyak langkah yang harus ditempuh sebelum sampai ke tujuan; perlu proses lebih tepatnya. Tapi tahap itulah; langkah itulah; dan proses itulah yang sangat sangat dan sangat tidak ingin aku lalui. Dan andaikan hal ini aku beritahukan kepada Bang Nagabonar, mungkin dia akan berkata: “Macam mana pula kau ini?”:/

Tapi itulah aku dengan segala kelemahanku. Aku tahu bahwa aku hanya kurang motivasi. Kurang pendorong untuk melakukan langkah pertama sebagai awalan dari seribu langkah. Lebih senang hidup dalam mimpi-mimpi dan meyakini bahwa mimpi itu akan terwujud nantinya. Padahal ketika aku menengok keluar jendela, setiap manusia hidup dalam realitasnya masing-masing. Bukan mimpi-mimpinya…

Satu Balasan ke Ingin Jadi Penulis…

  1. Ifha mengatakan:

    a nice dream..

    reach ur dream… Ok…

Tinggalkan Balasan

