Buka File Office 2007 di Office 2003

Microsoft Office

Pernah dapat kasus seperti ini:

“Saya sudah mengetik di laptopnya teman yang memakai Office Word 2007, dan ketika file itu ingin saya buka di komputer rumah, filenya tidak mau terbuka. Padahal sama-sama file Word.”

Atau kasus seperti ini:

“Di komputer saya sekarang terpasang Office 2003 dan Office 2007. Itu karena saya lebih paham menggunakan Office 2003 dibanding Office 2007. Namun takutnya ada file yang nantinya tidak bisa terbuka di Office 2003.”

Ataukah yang seperti ini:

“Tolong yah, filenya di save sedemikian rupa supaya bisa terbuka di laptop saya yang memakai Office 2003.”

Kalau pernah,,, tulisan ini mungkin bisa menjadi salah satu solusi untuk kasus-kasus tersebut :D

Ekstensi file dari program pengolah kata Office 2007 mempunyai perbedaan mendasar dengan ekstensi file yang dimiliki oleh Office 2003. Secara default,  file Office 2007 itu berekstensi:    .docx .xlsx .pptx dll. Sedangkan ekstensi file  Office 2003 itu, seperti:     .doc .xls .ppt dll. Hal ini mungkin bertujuan untuk melindungi file-file Office Anda yang dulunya sering menjadi sasaran empuk virus. Namun, user yang hanya tahu menggunakan Office saja belum terlalu memahami adanya perbedaan ini, sehingga muncullah kasus-kasus seperti di atas.

Kasus kedua dan ketiga di atas sebenarnya merupakan solusi untuk kasus yang pertama. Namun jika ditanyakan, apakah ada solusi lainnya? Maka jawabnya, “ada”. Dan solusi yang “ada” tersebut, ternyata lebih mudah dan tidak “neko-neko” :D

Pihak Microsoft sendiri yang memberikan solusi ini. Mereka membuat semacam program tambahan (add-ons) bagi Office 2003 agar nantinya dapat membuka file-file yang dibuat di Office 2007. Jadi Anda tidak perlu lagi susah-susah meng-install 2 macam Office ataukah dengan berat hati meninggalkan Office 2003 hanya karena terpaksa. Anda cukup men-download lalu meng-install program ini. Nama program tambahan tersebut adalah File Format Converters yang bisa Anda download pada link di bawah ini.

Cara install-nya pun mudah. Pertama tutup dulu semua jendela Word, Excel atau Powerpoint yang sedang Anda kerjakan. Kemudian install file tersebut dan klik next-next ajah sampai instalasinya finish. Mudah bukan!!!??? :D Jadi silahkan coba dan buktikan sendiri yah ;)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: